BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pendidikan bertujuan
sangat mulia. Yaitu membentuk manusia menjadi pribadi yang kuat, berkarakter
khas, dan menjadi contoh bagi semua orang. Pendidikan salah satu proses
pembelajaran untuk mencapai satu tujuan yang baik. Pendidikan sangat erat
kaitannya dengan pembelajaran, dalam hal ini tidak ada manusia yang terlepas
dari proses pembelajaran, sejak bayi dalam kandungan ibunya, kemudian dalam
buaian, merangkak, berdiri, berjalan, berlari, hingga dapat meraih sesuatu.
Ketika Freire berhasil
berhasil menumpas ketidakadilan bangsa Brasil kala itu, ia menelurkan
pendidikan kritis yang membasmi kebodohan dari baca dan tulis. Jauh sebelum
lahir Freire, Nabi Muhammadd SAW. telah memprakasai pendidikan atau mengenal
diri dengan iqra’ (membaca). Dengan
membaca, Muhammad dapat mengubah masyrakat jahiliyah Arab kala itu menjadi
sebuah peradaban yang diperhitungkan oleh dunia lain.
Oleh
karena itu pendidikan menjadi wacana yang aktual dan hangat ketika ia mampu
memunculkan sebuah pertanyaan baru atau menjawab pertanyaan yang berkembang
ditengah masyrakat. Pendidikan akan menjadi solusi dari persoaalanyang timbul.
Hal : Mohon Pengesahan Proposal
KKU
|
Banda Aceh, 26 November 212
Kepada Yth :
Bapak Dekan Fak. Tarbiyah
IAIN Ar-Raniry Darussalam
Di-
Banda Aceh
|
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Dengan
hormat, yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Mahlianurrahman
NIM :
200919533
Jur/Sem : PGMI/ VII
Alamat : Kajhu Indah, Baitussalam Aceh Besar
Dengan ini mengajukan
permohonan kepada bapak untuk dapat mempertimbangkan / mengesahkan proposal KKU
skripsi yang saya ajukan dengan judul :
“PENINGKATAN MINAT
BELAJAR SISWA KELAS V MIN TUNGKOP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE
PEMBELAJARAN EKSPERIMEN”
Sebagai
bahan pertimbangan bapak, bersama ini turut saya lampirkan :
1. Kerangkaskripsi.
2. Problematika :LatarBelakang Masalah, Istilah, TujuanPembahasan, Metodologi.
3. Kredit yang telah di selesaikan : 134 ( SKS)
4. Indek prestasi kumulatif ( IPK ) : 3,18
5. 1 ( satu ) lembar foto copy rekening slip SPP.
6. Proposal asli.
1. Kerangkaskripsi.
2. Problematika :LatarBelakang Masalah, Istilah, TujuanPembahasan, Metodologi.
3. Kredit yang telah di selesaikan : 134 ( SKS)
4. Indek prestasi kumulatif ( IPK ) : 3,18
5. 1 ( satu ) lembar foto copy rekening slip SPP.
6. Proposal asli.
Demikian
atas perhatian bapak terlebih dahulu saya ucapkan terimaksih
Disetujui
Oleh,
Penasehat
Akademik (PA)
Drs.
Ridwan M. Daud M.Ed
NIP.
196505162000031001
|
Pemohon
Mahlianurrahman
NIM.
200919533
|
Mengetahui Ketua Jurusan PGMI
Dra.
Tasnim Idris, M.Ag
NIP
: 195912181991032002
B.
Metode
Penelitian
1.
Subjek
Penelitian.
Adapun yang menjadi
subjek dalam penelitian siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.
2.
Objek
Penelitian.
Sedangkan yang menjadi
objek dalam penelitian ini adalah peningkatan minat siswa kelas V dalam Cahaya
sederhana melalui metode eksperimen.
3.
Tempat Penelitian.
Adapun tempat
penelitian ini akan dilaksanakan atau berlokasi pada MIS Lamgugob Banda Aceh.
Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas.
Sehubungan dengan
penelitian tindakan kelas ini Rochiati Wiriatmadja menyatakan, Penelitian
Tindakan Kelas adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengoganisasikan kondisi
praktek pembelajaran mereka dan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Mereka
dapat mencobakan suatu qaqasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka dan
melihat pengaruh nyata dari upaya itu.
Jadi Penelitian
Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas terhadap
proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa dalam rangka memperbaiki
serta memecahkan permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran tersebut
melalui berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas.
Dalam pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas ini penulis berkolaborasi dengan guru SAIN MIS
Lamgugob Banda Aceh untuk mengobservasi dan mengumpulkan data penelitian di
dalam kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini yang melaksanakan tindakan kelas
adalah penulis sendiri yaitu mengajarkan pelajaran Sains MIS Lamgugob Banda
Aceh. Sedangkan yang mengobservasi penulis dalam proses tindakan kelas adalah
guru SAIN yang lain.
4.
Jenis
Pengumpulan Data
Jenis data yang akan
dikumpulkan adalah:
a. Data
tentang Motivasi siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh dalam pembelajaran SAIN,
sebelum tindakan dilaksanakan.
b. Data
tentang Minat kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh dalam pembelajaran SAIN setelah
tindakan dilaksanakan.
c. Data
tentang kegiatan mengajar guru sebelum tindakan dilaksanakan.
d. Data
tentang tindakan kelas yang dilakukan guru dengan mengqunakan metode eksperimen
5.
Teknik
Pengumpulan Data
a. Observasi
yaitu mengamati minat belajar siswa dalam pembelajaran SAIN kelas V MIS
Lamgugob Banda Aceh
b. Dokumentasi
yaitu mengumpulkan data sekolah yang diperlukan untuk melengkapi data
penelitian.
c. Observasi dan Refleksi
Kegiatan observasi
dilakukan untuk mengumpulkan data tentang minat siswa dalam proses pembelajaran
SAIN di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Dan selanjutnya hasil observasi
tersebut akan direfleksikan oleh guru untuk melanjutkan pada siklus tindakan
berikutnya.
OUT LINE
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang masalah
B.
Rumusan masalah
C.
Tujuan penelitian dan Manfaat penelitian
D.
Metode Pengumpulan data
E.
Definisi Opersional
F.
Metode Penelitian
DAFTAR PUSTAKA
JUDUL CADANGAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar