Rabu, 10 Juni 2015

“PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN TUNGKOP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN”

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan bertujuan sangat mulia. Yaitu membentuk manusia menjadi pribadi yang kuat, berkarakter khas, dan menjadi contoh bagi semua orang. Pendidikan salah satu proses pembelajaran untuk mencapai satu tujuan yang baik. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, dalam hal ini tidak ada manusia yang terlepas dari proses pembelajaran, sejak bayi dalam kandungan ibunya, kemudian dalam buaian, merangkak, berdiri, berjalan, berlari, hingga dapat meraih sesuatu.
Ketika Freire berhasil berhasil menumpas ketidakadilan bangsa Brasil kala itu, ia menelurkan pendidikan kritis yang membasmi kebodohan dari baca dan tulis. Jauh sebelum lahir Freire, Nabi Muhammadd SAW. telah memprakasai pendidikan atau mengenal diri dengan iqra’ (membaca). Dengan membaca, Muhammad dapat mengubah masyrakat jahiliyah Arab kala itu menjadi sebuah peradaban yang diperhitungkan oleh dunia lain.
Oleh karena itu pendidikan menjadi wacana yang aktual dan hangat ketika ia mampu memunculkan sebuah pertanyaan baru atau menjawab pertanyaan yang berkembang ditengah masyrakat. Pendidikan akan menjadi solusi dari persoaalanyang timbul.


Hal  : Mohon Pengesahan Proposal
          KKU
Banda Aceh, 26 November 212
Kepada Yth :
Bapak Dekan Fak. Tarbiyah
IAIN Ar-Raniry Darussalam
            Di-
                        Banda Aceh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini :
            Nama               : Mahlianurrahman
            NIM                 : 200919533
            Jur/Sem            : PGMI/ VII
            Alamat             : Kajhu Indah, Baitussalam Aceh Besar
Dengan ini mengajukan permohonan kepada bapak untuk dapat mempertimbangkan / mengesahkan proposal KKU skripsi yang saya ajukan dengan judul :
“PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V MIN TUNGKOP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN”
Sebagai bahan pertimbangan bapak, bersama ini turut saya lampirkan :
1. Kerangkaskripsi.
2. Problematika :LatarBelakang Masalah, Istilah, TujuanPembahasan, Metodologi.
3. Kredit yang telah di selesaikan : 134 ( SKS)
4. Indek prestasi kumulatif ( IPK ) : 3,18
5. 1 ( satu ) lembar foto copy rekening slip SPP.
6. Proposal asli.
Demikian atas perhatian bapak terlebih dahulu saya ucapkan terimaksih
Disetujui Oleh,
Penasehat Akademik (PA)




Drs. Ridwan M. Daud M.Ed
NIP. 196505162000031001

Pemohon





Mahlianurrahman
NIM. 200919533

Mengetahui Ketua Jurusan PGMI


Dra. Tasnim Idris, M.Ag
NIP : 195912181991032002


B.       Metode Penelitian
1.      Subjek Penelitian.
Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian siswa kelas V MIS Lamgugob  Banda Aceh.
2.      Objek Penelitian.
Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peningkatan minat siswa kelas V dalam Cahaya sederhana melalui metode eksperimen.
3.       Tempat Penelitian.
Adapun tempat penelitian ini akan dilaksanakan atau berlokasi pada MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas.
Sehubungan dengan penelitian tindakan kelas ini Rochiati Wiriatmadja menyatakan, Penelitian Tindakan Kelas adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengoganisasikan kondisi praktek pembelajaran mereka dan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Mereka dapat mencobakan suatu qaqasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu.
Jadi Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas terhadap proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa dalam rangka memperbaiki serta memecahkan permasalahan yang muncul dari proses pembelajaran tersebut melalui berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru di dalam kelas.
Dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis berkolaborasi dengan guru SAIN MIS Lamgugob Banda Aceh untuk mengobservasi dan mengumpulkan data penelitian di dalam kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini yang melaksanakan tindakan kelas adalah penulis sendiri yaitu mengajarkan pelajaran Sains MIS Lamgugob Banda Aceh. Sedangkan yang mengobservasi penulis dalam proses tindakan kelas adalah guru SAIN yang lain.

4.      Jenis Pengumpulan Data
Jenis data yang akan dikumpulkan adalah:
a.       Data tentang Motivasi siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh dalam pembelajaran SAIN, sebelum tindakan dilaksanakan.
b.      Data tentang Minat kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh dalam pembelajaran SAIN setelah tindakan dilaksanakan.
c.       Data tentang kegiatan mengajar guru sebelum tindakan dilaksanakan.
d.      Data tentang tindakan kelas yang dilakukan guru dengan mengqunakan metode eksperimen
5.      Teknik Pengumpulan Data
a.       Observasi yaitu mengamati minat belajar siswa dalam pembelajaran SAIN kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh
b.      Dokumentasi yaitu mengumpulkan data sekolah yang diperlukan untuk melengkapi data penelitian.
c.        Observasi dan Refleksi
Kegiatan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang minat siswa dalam proses pembelajaran SAIN di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Dan selanjutnya hasil observasi tersebut akan direfleksikan oleh guru untuk melanjutkan pada siklus tindakan berikutnya.

 OUT LINE

PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
B.     Rumusan masalah
C.    Tujuan penelitian dan Manfaat penelitian
D.    Metode Pengumpulan data
E.     Definisi Opersional
F.     Metode Penelitian

DAFTAR PUSTAKA
JUDUL CADANGAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar