Senin, 06 Agustus 2018

ujian akhir semester media dakwah



Nama                  : Munawir saputra
NIM                    : 140401012
Jurusan                 : KPI/UIN Ar-raniry
Matakuliah          : Media dakwah      
Dosen Pengampu: Nurul Izzati, S.Sos.I

LEMBARAN JAWABAN UJIAN AKHIR !
Soal!
1. Jelaskan defenisi dari Media, Dakwah dan Media Dakwah?
2. Sebutkan jenis-jenis media yang tergolong kedalam Media konvensional dan Media Yang tergolong kedalam jenis new media?
3. Sebut  dan jelaskan perbedaan antara Media konvensional dengan media baru (New media) dilihat dari sisi kelebihan dan kelebihan masing-masing!
4. Jelaskan menurut pendapat anda mengapa perlu dakwah perlu dilaksanakan terus menerus dan disampaikan melalui berbagai macam media
5. Jelaskan secara singkat urgensi  media dalam dakwah!
6. Jelaskan secara singkat fungsi internet sebagai media dakwah?
7. Jelaskan strategi dakwah melalui teknologi komunikasi!

Jawaban!
1. Kata Media berasal dari bahasa latin, Median yang merupakan bentuk jamak dari medium secara etimologi yang berarti alat perantara.[1]  Wilburn Scharm (2007) mendevinisikan media sebagai teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pengajaran . Contoh: Buku, Film, Video, kaset, slide dan sebagainya.[2] Sedangkan Dakwah Ditinjau dari segi bahasa “Da’wah” berarti: panggilan, seruan atau ajakan. Bentuk perkataan tersebut dalam bahasa Arab disebut mashdar. Sedangkan bentuk kata kerja (fi’il)nya adalah berarti: memanggil, menyeru atau mengajak (Da’a, Yad’u, Da’watan).Orang yang berdakwah disebut Da’i dan orang yang menerima dakwah atau orang yang didakwahi disebut mad’u.[3] Maka dari pengertian diatas berdasarkan perspektif ilmu komunikasi Media dakwah berarti alat perantara yang digunakan oleh si pemberi pesan kepada khalayak.

2. Media Konvensional adalah : TV, Radio, Koran, Majalah dan lain-lain. Ada sebagian orang yang mengatakan saat ini media konvensional tersebut sudah menjadi  traditional media dimana media digital sudah mulai mempengaruhi gaya hidup manusia di Era informasi seperti saat ini. Menurut Muhammad Ridlo Eisy, media konvensional adalah radio, televisi dan media cetak.Media baru : Mikrokomputer, Telekoferensi,teleteks,Videotext,Komunikasi satelit.

3. 1. Media cetak
Keunggulan :
·         Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau  mengklipingnya
·     Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir  lebih spesifik tentang isi tulisan.

Kelemahan :
·         Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat dari media massa yang lain karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
·         Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
·    Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
·       Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.

2. Media online
Keunggulan :
·         Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
·         Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
·         Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.

Kelemahan :
·         Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di  media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
·         Memerlukan perangkat dan juga akses internet


4. Menurut pendapat saya mengapa dakwah harus dilaksanakan terus menerus dikarnakan dakwah saat ini sudah menjadi fashion atau gaya hidup yang menjanjikan bayarannya. Meskipun dalam islam dakwah itu adalah suatu kewajiban namun untuk saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa dakwah sudah berkembang menjadi sebuah profesi yang banyak orang minati bahkan diluar islam pun banyak mereka menggantungkan hidupnya dalam berdakwah. Jadi, mengapa dakwah terus dilaksanakan? Jawabannya untuk memenuhi kebutuhan.
Kemudian, mengapa dakwah harus melalui berbagai media? Agar tepat sasaran.
 5.        Urgensi berasal dari bahasa latin yaitu Urgere  yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti mendorong. Istilah urgensi merujuk pada sesuatu yang mendorong kita, yang memaksa kita untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan demikian, jika ada suatu masalah harus segera ditindak lanjuti.[4]
Penggunaan media dalam Islam bertujuan untuk mempermudah penyampaian pesan-pesan agama (syariah) supaya sampai kepada masyarakat luas lebih cepat secara bersamaan, melalui media komunikasi modern hal tersebut bisa dicapai lebih banyak dari pada komunikasi yang tidak bermedia (teknologi) pesan yang disajikan oleh radio televisi atau majalah serta surat kabar bisa mewakili tugas penyampaian pesan-pesan agama. Adapun dari segi peran media bisa berperan dalam pembinaan ummah atau komunitas muslim, penyerapan ajaran Islam bisa dengan mudah didapat oleh pemeluknya, kemudian bisa merubah tingkah-laku pemeluknya. Pembentukan pandangan hidup dan karakter Islam bisa dihubungkan dengan peran media komunikasi. ( M. Tata Taufik, 2013; 170)
Peran lainnya sebagai pemelihara berbagai pemikiran dan pemahaman yang pernah muncul di dunia Islam dari masa ke masa, berbagai warisan intelektual Islam yang sampai pada kita merupakan saksi atas peran media massa bagi Islam. Demikian juga munculnya berbagai aliran pemikiran keislaman yang menyebar di wilayah tertentu di belahan dunia Islam merupakan peran dari media yang memungkinkan mudahnya akses terhadap sumber-sumber aliran pemikiran tersebut.[5]

6. Dakwah melalui jaringan internet dinilai sangat efektif dan potensial dengan berbagai alasan, di antaranya:
A.    Mampu menembus batas ruang dan waktu dalam sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau,
B.    Pengguna jasa internet setiap tahunnya meningkat drastis, ini berarti berpengaruh pula pada jumlah penyerap misi dakwah. Para pakar dan ulama yang berada dibalik media dakwah via internet bisa lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut status hukum syar’i, Dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan masyarakat.
C.    Berbagai situs mereka bebas memilih materi dakwah yang mereka sukai, dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari,
D.   Cara penyampaian yang variatif telah membuat dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas.

7.  Internet : sejak internet berkembang luas maka sangat mudah bagi seorang pendai dalam berdakwah salah satunya melalui media sosial WA, FB, Blog, YT dll.
TV:  bisa melalui iklan yang ditampilkan, Film, tausiah berdasarkan siaran pada setiap channel masing-masing
Radio: Melalui talkshow, Music dll.


[1]Asmuny Syukir 1986:17
[2]At-tabsyir, jurnal komunikasi penyiaran islam
[3]Mad’u (Saputra, 2012: 1).

[4]http://www.pengertiandari.xyz/2017/11/pengertian-urgensi.html
[5](Al-Khaja, Muhammad Kamil, 1984 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar