Nama : Munawir saputra
NIM : 140401012
Jurusan :
KPI/UIN Ar-raniry
Matakuliah : Media dakwah
Dosen Pengampu: Nurul Izzati, S.Sos.I
LEMBARAN JAWABAN UJIAN AKHIR !
Soal!
1.
Jelaskan defenisi dari Media, Dakwah dan Media Dakwah?
2.
Sebutkan jenis-jenis media yang tergolong kedalam Media konvensional dan Media
Yang tergolong kedalam jenis new media?
3.
Sebut dan jelaskan perbedaan antara
Media konvensional dengan media baru (New media) dilihat dari sisi kelebihan
dan kelebihan masing-masing!
4.
Jelaskan menurut pendapat anda mengapa perlu dakwah perlu dilaksanakan terus
menerus dan disampaikan melalui berbagai macam media
5.
Jelaskan secara singkat urgensi media
dalam dakwah!
6.
Jelaskan secara singkat fungsi internet sebagai media dakwah?
7.
Jelaskan strategi dakwah melalui teknologi komunikasi!
Jawaban!
1. Kata
Media berasal dari bahasa latin, Median yang merupakan bentuk jamak dari medium
secara etimologi yang berarti alat perantara.[1] Wilburn Scharm (2007) mendevinisikan media
sebagai teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pengajaran . Contoh:
Buku, Film, Video, kaset, slide dan sebagainya.[2]
Sedangkan Dakwah Ditinjau dari segi bahasa “Da’wah” berarti: panggilan, seruan
atau ajakan. Bentuk perkataan tersebut dalam bahasa Arab disebut mashdar.
Sedangkan bentuk kata kerja (fi’il)nya adalah berarti: memanggil, menyeru atau
mengajak (Da’a, Yad’u, Da’watan).Orang yang berdakwah disebut Da’i dan orang
yang menerima dakwah atau orang yang didakwahi disebut mad’u.[3]
Maka dari pengertian diatas berdasarkan perspektif ilmu komunikasi Media dakwah
berarti alat perantara yang digunakan oleh si pemberi pesan kepada khalayak.
2. Media
Konvensional adalah : TV, Radio, Koran, Majalah dan lain-lain. Ada sebagian
orang yang mengatakan saat ini media konvensional tersebut sudah menjadi traditional media dimana media digital sudah
mulai mempengaruhi gaya hidup manusia di Era informasi seperti saat ini.
Menurut Muhammad Ridlo Eisy, media konvensional adalah radio, televisi dan
media cetak.Media baru : Mikrokomputer,
Telekoferensi,teleteks,Videotext,Komunikasi satelit.
3. 1.
Media cetak
Keunggulan
:
· Repeatable, dapat di baca berkali-kali
dengan menyimpannya atau mengklipingnya
· Analisa lebih tajam, dapat membuat orang
benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat
membuat orang berfikir lebih spesifik
tentang isi tulisan.
Kelemahan
:
· Lambat, dari segi waktu media cetak
adalah yang terlambat dari media massa yang lain karena media cetak tidak dapat
menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu
turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah
disebarluaskan oleh media lainnya.
· Tidak adanya audio, media cetak hanya
berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
· Visual yang terbatas, media cetak hanya
dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
· Produksi, biaya produksi yang cukup
mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat
dinikmati masyarakat.
2.
Media online
Keunggulan
:
· Sangat cepat, dari segi waktu media
online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
· Audio Visual, media online juga mempunyai
audio visual dengan melakukan streaming.
· Praktis dan Fleksibel, media online
dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
Kelemahan
:
· Tidak selalu tepat, karena
mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di
media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
· Memerlukan perangkat dan juga akses
internet
4.
Menurut pendapat saya mengapa dakwah harus dilaksanakan terus menerus
dikarnakan dakwah saat ini sudah menjadi fashion atau gaya hidup yang
menjanjikan bayarannya. Meskipun dalam islam dakwah itu adalah suatu kewajiban
namun untuk saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa dakwah sudah berkembang
menjadi sebuah profesi yang banyak orang minati bahkan diluar islam pun banyak
mereka menggantungkan hidupnya dalam berdakwah. Jadi, mengapa dakwah terus
dilaksanakan? Jawabannya untuk memenuhi kebutuhan.
Kemudian,
mengapa dakwah harus melalui berbagai media? Agar tepat sasaran.
5. Urgensi
berasal dari bahasa latin yaitu Urgere
yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti mendorong. Istilah
urgensi merujuk pada sesuatu yang mendorong kita, yang memaksa kita untuk
menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan demikian, jika ada suatu masalah harus
segera ditindak lanjuti.[4]
Penggunaan media dalam Islam bertujuan untuk mempermudah
penyampaian pesan-pesan agama (syariah) supaya sampai kepada masyarakat luas
lebih cepat secara bersamaan, melalui media komunikasi modern hal tersebut bisa
dicapai lebih banyak dari pada komunikasi yang tidak bermedia (teknologi) pesan
yang disajikan oleh radio televisi atau majalah serta surat kabar bisa mewakili
tugas penyampaian pesan-pesan agama. Adapun dari segi peran media bisa berperan
dalam pembinaan ummah atau komunitas muslim, penyerapan ajaran Islam bisa
dengan mudah didapat oleh pemeluknya, kemudian bisa merubah tingkah-laku
pemeluknya. Pembentukan pandangan hidup dan karakter Islam bisa dihubungkan
dengan peran media komunikasi. ( M. Tata Taufik, 2013; 170)
Peran lainnya sebagai pemelihara berbagai pemikiran dan pemahaman
yang pernah muncul di dunia Islam dari masa ke masa, berbagai warisan
intelektual Islam yang sampai pada kita merupakan saksi atas peran media massa
bagi Islam. Demikian juga munculnya berbagai aliran pemikiran keislaman yang
menyebar di wilayah tertentu di belahan dunia Islam merupakan peran dari media
yang memungkinkan mudahnya akses terhadap sumber-sumber aliran pemikiran
tersebut.[5]
6.
Dakwah melalui jaringan internet dinilai sangat efektif dan potensial dengan
berbagai alasan, di antaranya:
A. Mampu menembus batas ruang dan waktu dalam
sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau,
B. Pengguna jasa internet setiap tahunnya
meningkat drastis, ini berarti berpengaruh pula pada jumlah penyerap misi
dakwah. Para pakar dan ulama yang berada dibalik media dakwah via internet bisa
lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut
status hukum syar’i, Dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan
masyarakat.
C. Berbagai situs mereka bebas memilih materi
dakwah yang mereka sukai, dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari,
D. Cara penyampaian yang variatif telah membuat
dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas.
7. Internet : sejak internet berkembang luas maka
sangat mudah bagi seorang pendai dalam berdakwah salah satunya melalui media
sosial WA, FB, Blog, YT dll.
TV: bisa melalui iklan yang ditampilkan, Film,
tausiah berdasarkan siaran pada setiap channel masing-masing
Radio:
Melalui talkshow, Music dll.
[1]Asmuny
Syukir 1986:17
[2]At-tabsyir,
jurnal komunikasi penyiaran islam
[3]Mad’u (Saputra, 2012: 1).
[4]http://www.pengertiandari.xyz/2017/11/pengertian-urgensi.html
[5](Al-Khaja, Muhammad Kamil, 1984 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar